Modul Category: Workshop Guru

Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kontekstual

Kata Pengantar Dengan merefleksikan dan mendiskusikan secara kritis pengalaman penilaian yang dilakukan oleh guru terhadap proses pembelajaran anak, peserta harapannya dapat menyadari keterbatasan atas instrumen, dan bahkan paradigma yang digunakan selama ini; bahwa di dalam proses evaluasi dan penilaian pada pembelajaran kontekstual, di mana pembelajaran diinisiasi dan dimiliki oleh anak, penting untuk menekankan keterlibatan dan …

Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kontekstual Read More »

Seni dan Budaya sebagai Media Artikulasi Pengetahuan

Latar Belakang  Dengan hasil penerapan bagan modul lima yang telah dilakukan, diharapkan menjadi pembelajaran yang dekat dengan diri, lingkungan dan sumber belajar maupun objek belajar. Serta metode pembelajaran yang menekankan kepada tahapan proses (journaling) sebagai pemanfaatan teknologi dari hasil refleksi dan pemetaan diri maupun lingkungan serta riset, diharapkan menjadi pembelajaran berbasis proyek menarik dan menyenangkan …

Seni dan Budaya sebagai Media Artikulasi Pengetahuan Read More »

Pembelajaran Kontekstual Berbasis Projek

RASIONALE Pendidikan dipandang sebagai bagian dari sistem ekonomi pasar global yang mengutamakan penguasaan teknis Pandangan Ki Hajar Dewantara menyampaikan prinsip-prinsip pendidikan yang relevan sebagai dasar pembaruan pendidikan nasional  TUJUAN Memahami pokok pandangan filosofis Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan Memahami persoalan-persoalan mendasar pendidikan dalam kerangka pandangan filosofis Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan Memahami pendidikan sebagai proses …

Pembelajaran Kontekstual Berbasis Projek Read More »

Refleksi Pengalaman Menjadi Tindakan

RASIONALE  Suatu kegiatan merupakan suatu pengalaman yang menjadi sumber utama pengetahuan  yang sering diabaikan.  Refleksi merupakan tindakan akal rasional dalam mengkonstruksi data informasi yang  diperoleh dari pengalaman menjadi suatu pengetahuan baru.  Sekalipun dipahami sebagai metodologi kritis yang pentng untuk mendalami makna dari  suatu pengalaman, namun refleksi masih sering dabaikan.  Refleks merupakan momen penting yang menjadi …

Refleksi Pengalaman Menjadi Tindakan Read More »

Transformasi Peran Guru

Kata Pengantar Perubahan yang terjadi sangat pesat di abad ini, juga menuntut perubahan dalam dunia pendidikan. Hal ini turut menyebabkan terjadinya akselerasi yang sangat fundamental terhadap seluruh proses pembelajaran, tidak hanya sistem namun seluruh unsur yang terlibat dalam pembelajaran, yang bekerja bersama-sama membentuk ekosistem pembelajaran untuk menciptakan pengalaman belajar yang utuh.  Pembelajaran bukan lagi sekadar …

Transformasi Peran Guru Read More »

Paradigma Pendidikan Kontekstual

TUJUAN Memahami pengertian dasar paradigma pendidikan kontekstual Memahami siswa adalah subyek pembelajar, pesona yang berkembang bersama dunianya  Memahami keadaan kenyataan lingkungan (alam, sosial dan zaman) sebagai konteks ekosistem pendidikan kontekstual INDIKATOR CAPAIAN Mampu menjelaskan paradigma pendidikan kontekstual sebagai dasar pembaharuan model pembelajaran Mampu mengkaji pelaksanaan pendidikan  saat ini dalam perspektif paradigma pendidikan kontekstual  Mampu menjelaskan ide …

Paradigma Pendidikan Kontekstual Read More »

Pandangan Ki Hajar Dewantara Dan Driyarkara Tentang Pendidikan

TUJUAN PEMBELAJARAN Memahami pokok pandangan filosofis Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan Memahami persoalan-persoalan mendasar pendidikan dalam kerangka pandangan filosofis Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan Memahami pendidikan sebagai proses pengembangan ragam kemampuan siswa sebagai subyek individu yang berada bersama dengan dunianya INDIKATOR CAPAIAN Mampu menjelaskan pemahaman tentang persoalan dasar pendidikan terkini dalam kerangka pandangan Ki Hajar …

Pandangan Ki Hajar Dewantara Dan Driyarkara Tentang Pendidikan Read More »