Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kontekstual

Kata Pengantar

Dengan merefleksikan dan mendiskusikan secara kritis pengalaman penilaian yang dilakukan oleh guru terhadap proses pembelajaran anak, peserta harapannya dapat menyadari keterbatasan atas instrumen, dan bahkan paradigma yang digunakan selama ini; bahwa di dalam proses evaluasi dan penilaian pada pembelajaran kontekstual, di mana pembelajaran diinisiasi dan dimiliki oleh anak, penting untuk menekankan keterlibatan dan kesetaraan anak dalam proses penilaian juga. Hal ini penting untuk menggarisbawahi kepemilikan dari proses pembelajaran yang tidak lagi berelasi oleh guru untuk pembelajaran anak tapi justru dilakukan bersama dengan anak.

Selain itu, dalam sesi ini guru juga diperkenalkan dengan panduan indikator serta proses evaluasi dan penilaian yang dapat dijadikan referensi penilaian karya selama Presisi berlangsung. Dengan membahas dan mendiskusikannya, harapannya juga guru dapat menyesuaikan indikator dan proses (alur dan instrumen yang digunakan) sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.

Tujuan

  • Menganalisis dan memahami kebutuhan evaluasi dan penilaian yang relevan dengan pembelajaran kontekstual;

  • Memetakan poin evaluasi dan penilaian pengetahuan, keterampilan, dan sosial-spiritual;

  • Mengembangkan alat ukur dan menyusun linimasa pelaksanaan penilaian;

  • Mengenali perkembangan anak;

Indikator Pencapaian

  • Mampu mengartikulasikan refleksinya tentang relevansi penerapan perangkat evaluasi dan asesmen di sekolah dengan pembelajaran kontekstual;

  • Mampu mengidentifikasi perangkat evaluasi dan asesmen yang mendukung pembelajaran kontekstual;

  • Mampu mengembangkan perangkat evaluasi dan asesmen yang bisa diterapkan di sekolahnya masing-masing untuk mendukung pembelajaran kontekstual;

  • Mampu melihat sebuah proses pembelajaran dari indikator penilaian dan capaian;