modul 7

EVALUASI DAN PENILAIAN

Dengan merefleksikan dan mendiskusikan secara kritis pengalaman penilaian yang dilakukan oleh guru terhadap proses pembelajaran anak, peserta harapannya dapat menyadari keterbatasan atas instrumen, dan bahkan paradigma yang digunakan selama ini; bahwa di dalam proses evaluasi dan penilaian pada pembelajaran kontekstual, di mana pembelajaran diinisiasi dan dimiliki oleh anak, penting untuk menekankan keterlibatan dan kesetaraan anak dalam proses penilaian juga. Hal ini penting untuk menggarisbawahi kepemilikan dari proses pembelajaran yang tidak lagi berelasi oleh guru untuk pembelajaran anak tapi justru dilakukan bersama dengan anak.

Selain itu, dalam sesi ini guru juga diperkenalkan dengan panduan indikator serta proses evaluasi dan penilaian yang dapat dijadikan referensi penilaian karya selama Presisi berlangsung. Dengan membahas dan mendiskusikannya, harapannya juga guru dapat menyesuaikan indikator dan proses (alur dan instrumen yang digunakan) sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.

TUJUAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR CAPAIAN