Pembelajaran Kontekstual Berbasis Projek

Pengantar

Seiring perkembangannya seni selalu mencari posisinya di masyarakatnya. Hingga saat ini seni berperan untuk bisa ‘cair’ dan tidak berjarak kepada masyarakatnya yang mana menjadi apresiator dari karya seni itu sendiri. Bagaimana seni bekerja untuk mengungkapkan, mengkritisi dan mempertanyakan hal-hal yang ada di masyarakat. Dengan begitu seni mampu menjadi distributor pengetahuan kepada masyarakat juga tentunya. Peran sekolah sebagai salah satu institusi untuk mendistribusikan pengetahuan yang didalamnya terdapat pendidik dan peserta didik seharusnya mampu mempunyai peran yang sangat mutlak kepada masyarakat. Baik peran mendistribusikan pengetahuan atau menggali pengetahuan tersebut bersama dan dari masyarakat. Kedua hal di atas memiliki kesamaan konsep. Konsep tersebut dicoba untuk di ekstrak menjadi sebuah metode pembelajaran yang sifatnya kontekstual. Modul ini tidak mengajarkan peserta didik untuk menjadi seniman, namun modul ini menjabarkan bagaimana pola seni bekerja untuk bisa mempertajam kepekaan peserta didik, guru dan masyarakat terhadap lingkungannya. Lalu modul ini juga mengasah kemampuan artistik peserta didik, guru dan masyarakat. Modul ini juga membuka kolaborasi antar peserta didik, pendidik dan masyarakat untuk menggali dan mendistribusikan pengetahuan secara bersama. Dengan begitu peran-peran pendidik, peserta didik dan masyarakat begitu penting dalam modul ini.


Tujuan

  • Mengenali potensi diri dan lingkungan sekitar sebagai landasan proses belajar berbasis proyek.
  • Melakukan proses penelitian dari sumber belajar berupa narasumber dan literatur terkait.
  • Menyimpulkan hasil temuan penelitian menjadi gagasan karya.
  • Mengoptimalkan peran teknologi lokal dalam proses pembelajaran kontekstual.
  • Memadukan lintas mata pelajaran dalam proses pembelajaran kontekstual.

Indikator Capaian

  • Menjadi lebih peka terhadap diri dan lingkungan sekitarnya

  • Menerapkan disiplin ilmu yang beragam

  • Mengenal dan memanfaatkan potensi teknologi di sekitarnya.

  • Menjadi lebih kreatif dalam merespons isu di sekitarnya.

  • Menjadi lebih kritis dalam melihat potensi diri dan lingkungan sekitar

  • Menjadi lebih aktif dalam proses belajar sesuai dengan minat dan kesukaan