Teknologi Digital Sebagai Sumber Pembelajaran

Pengantar

Perkembangan teknologi dengan pesat menjadi sebuah transformasi gaya hidup manusia. Teknologi digital merubah gaya hidup dan budaya masyarakat. Perubahan yang signifikan dapat terlihat dari jarak antara masyarakat yang lahir dengan teknologi digital (digital native) dan masyarakat yang lahir tanpa teknologi digital (digital immigrant). Kedua kelompok masyarakat tersebut dipertemukan dalam ruang kelas sekolah dan pendidikan. Alhasil perbedaan cara belajar dan mengajar menjadi masalah utama akibat jarak generasi dengan budaya yang berbeda.

Peran sekolah sebagai tempat belajar seharusnya mengakomodasi perbedaan budaya dan perkembangan teknologi digital. Meskipun teknologi digital sudah banyak mengembangkan alat bantu dalam kegiatan pembelajaran (Education Technology), sayangnya proses mengadaptasi teknologi digital tersebut penuh dengan tantangan akiobat perbedaan budaya pengajar dan pelajar.

Dengan berbekal tantangan yang timbul dari konsep perkembangan teknologi di ekosistem pendidikan Indonesia, pengenalan education technology sederhana menjadi salah satu langkah awal dalam menjawab tantangan yang muncul. Modul ini tidak mengajarkan bahwa teknologi digital adalah jawaban dari semua permasalahan, namun modul ini mencoba untuk mempertemukan perkembangan education technology terkini. Diharapkan modul ini dapat membuka kolaborasi antara pengajar digital immigrant dengan education technology. Sehingga pada akhirnya pendidik dapat mengadaptasi prinsip bekerjasama dengan teknologi digital untuk bertransfromasi dan mentransformasi kegiatan belajar mengajar.


Tujuan

  • Memahami persoalan-persoalan yang muncul akibat masuknya teknologi digital dalam dunia pendidikan

  • Memahami peran teknologi sebagai amplifier dalam dunia pendidikan

  • Memahami beberapa alat sederhana dalam teknologi digital yang bisa dipakai untuk membantu proses pengenalan potensi, minat dan bakat siswa

Indikator Capaian

    • Mampu mengartikulasikan pemahaman kritis-analitis tentang persoalan mendasar masuknya teknologi digital baik secara verbal maupun tertulis

    • Mampu menggunakan beberapa alat teknologi digital untuk membantu perkembangan siswa sebagai subjek ke dalam model pembelajaran bersama siswa